keterangan

ads slot

keterangan

Latest Posts:

Wayang Timplong Nganjuk yang Mulai Terlupakan

Wayang timplong dari Nganjuk jawa timur, Extrepasca 2015, sinicto 2015 sman 1 kertosono...
Wayang Timplong dari Nganjuk

Siapa yang tidak mengenal wayang kulit, wayang golek, dan wayang orang di Indonesia, namun di daerah Nganjuk juga punya sebuah kesenian wayang yaitu Wayang Timplong. Wayang Timplong dari Nganjuk ini terbuat dari kayu, baik kayu waru, kayu mentaus, maupun kayu pinus. Kesenian wayang asli Nganjuk ini sangat dicintai oleh warganya da menjadi kebanggan tersendiri baga rakya Kabupaten Nganjuk. Dalam pagelaranya wayang Timplong Nganjuk ini diiring oleh Gambang yang terbuat dari kayu atau bambu, ketuk kenong, kempul dan kendang.

Kononkatanya wayang Timplong asli Nganjuk ini sudah ada sejak 1910 dari dusun Kamatan pace, Kabupaten Nganjuk. Namun dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi saat ini membuat keberadaan wayang Timplong jarang ditemui, bahkan di daerah asalnya sendiri Nganjuk wayang timplong ini hanya ada pada saat saat tertentu seperti bersih desa. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda asli dari Nganjuk bersama sama menjaga serta melestarikan budaya wayang Timplong agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmatinya.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar